Mengontrol Penggunaan Material Master di SAP

Master data material merupakan salah satu master data yang digunakan oleh beberapa modul di SAP seperti warehouse, procurement, production, quality, maintenance, sales dan finance (cross module) dan juga digunakan di beberapa plant (cross plant). Secara default, master data material berada di di area logistic

Oleh karena perannya yang sangat central maka pengelolaan master data harus dilakukan dengan cermat agar tidak mengganggu penggunaannya di modul-modul logistic atau di plant lainnya.

Ada kala nya, material masih digunakan di area produksi, namun tidak di perbolehkan di proses pembelian oleh karena material tersebut sudah tidak di produksi oleh vendor(Pabrikan). Atau disuatu plant masih bisa digunakan, namun di plant lain tidak boleh lagi digunakan.

Untuk mengakomodasi requirement tersebut, maka SAP standard menyediakan fitur field material status yang ada di view general atau plant-related-view. Field ini bisa di sesuaikan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Sesuai dengan konfigurasi yang diberikan, maka pada ketika ada transaksi yang menggunakan material tersebut, sistem akan melakukan validasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah material tersebut dapat digunakan atau tidak

Purchase Order SAP

Bila anda membutuhkan solusi terkait pengembangan SAP atau integrasi SAP dengan aplikasi web/mobile, silahkan hubungi kami melalui email di inquiry@lamsolusi.com atau melalui whatsapp yang ada di tautan website ini.

Tagged with: