Lakukan Pemeliharaan Berkala pada Aset Perusahaan Anda dan Manfaatkan Teknologi Digital dalam Prosesnya

Maintenance Management System

Saat ini teknologi dan informasi sangat cepat  berkembang, dilihat dari banyaknya pekerjaan yang sudah menggunakan teknologi. Berbagai macam cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan performa, efektivitas, dan efisiensi pekerjaan. Pengelolaan data dengan komputerisasi membuat penyajian informasi membutuhkan waktu lebih singkat dan biaya operasional yang lebih sedikit dibandingkan dengan pengelolaan secara manual.

Salah satu pemanfaatan teknologi digital untuk mengatur manajemen pemeliharaan yaitu maintenance system. Adanya teknologi tersebut dapat menjembatani kesenjangan yang menyebabkan downtime dalam operasional.

Jika tim marketing mendorong produksi lebih banyak maka yang terlintas di pikiran adalah peningkatan produktivitas, bisa dengan meningkatkan jumlah tenaga kerja atau menggunakan peralatan baru. Untuk mendukung operasional, memanfaatkan teknologi digital adalah salah satu cara terbaik. Bagimana cara memanfaatkan teknologi digital dalam solusi manajemen maintenance dalam perusahaan? Berikut penjelasannya.

Apa yang terjadi jika pemeliharaan di dukung menggunakan sistem digital?

  1. Memberikan informasi instan dan real-time

Dengan menggunakan sistem, Maintenance team dapat memantau dan mengelola asset secara digital dan real-time. Integrasi sistem akan menghubungkan beberapa perangkat yang dapat diakses oleh banyak user, dengan begitu manajer dan supervisor juga dapat menerima dan melihat data secara real-time tanpa harus memeriksa secara fisik ke setiap divisi. 

  1. Mengurangi kesalahan pemeliharaan

Pekerja dapat langsung melaporkan jadwal pemeliharaan melalui sistem yang dapat diakses dimana saja dengan secara mobile. Jika pekerja membuat pembaharuan/peningkatan yang sesuai secara berkala maka alat dan mesin tidak akan cepat rusak. Pelaporan dan control melalui mobile system akan mengurangi terjadinya penumpukkan sehingga maintenance team dapat mengerjakan pemeliharaan secara teratur dan memudahkan teknisi dalam mempelajari informasi penting tentang alat dan mesin.

  1. Menghemat waktu

Dalam maintenance system, pekerja akan mendapatkan gambaran lengkap mengenai alat dan mesin di perusahaan. Pihak terkait yang akan mengakses dapat dengan mudah melihat data teknis, dengan begitu pekerja tidak perlu menelusuri laporan kertas untuk mencari dokumen. Pada sistem ini bisa juga melihat apa yang telah dilakukan pada mesin dan apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Dengan melaporkan aktivitas dalam sistem, pekerja jadi lebih mudah mengetahui kesalahan mana yang paling sering terjadi pada mesin. Jadi tidak akan ada banyak waktu yang terbuang .

  1. Pemeliharaan terkondisi

Jika sudah mendapatkan update bahwa suatu alat atau mesin yang digunakan sudah perlu diperbaiki maka saat itu juga tim teknisi akan menerima perintah kerja melalui smartphone dan kemudian bisa langsung mendaftarkannya. Aktivitas akan terasa lebih cepat dan bisa mengurangi penggunaan kertas dan tidak perlu melakukan pelaporan yang terlalu ribet.

Maintenance Management System ini akan menggabungkan proses pemeliharaan secara terpusat dalam satu sistem, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja alat dan mesin. Sistem ini akan menggabungkan dan mengotomatiskan beberapa proses yaitu :

  1. Penjadwalan pemeliharaan preventif dan pencatatan
  2. Pelacakan pemeliharaan terjadwal
  3. Work requests and work orders
  4. Manajemen persediaan
  5. Pencatatan biaya pemeliharaan 
  6. Audit dan pencatatan compliance 

Gunakan Maintenance Management System sekarang juga

Banyak manfaat dan kemudahan yang akan Anda dapatkan jika beralih ke digitalisasi. Investasikan kepada sistem terbaik. Pemilihan tipe software yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan skala operasional perusahaan. Salah satu perusahaan yang dapat Anda andalkan dalam pembuatan sistem pemeliharaan yang baik adalah Lamjaya Global Solusi. Kami menerima customize sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *