Integrasi Sistem SAP dapat Memudahkan Proses Bisnis Perusahaan Anda

Saat ini sebagian besar perusahaan sudah menggunakan banyak aplikasi untuk membantu aktivitas usahanya. Masing-masing aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Namun aplikasi-aplikasi tersebut tidak selalu berkomunikasi satu sama lain sehingga menimbulkan beberapa masalah, mulai dari informasi yang tidak lengkap hingga informasi saling bertentangan yang membuat terhambatnya proses operasional.

Dengan mengintegrasikan data dan alur kerja di seluruh aplikasi, perusahaan dapat menghubungkan seluruhnya, dengan begitu permasalahan tersebut bisa dihindari. Jika sudah terintegrasi makan akan meningkatkan efisiensi, otomatisasi, dan ringkas.

Apa Itu Integrasi Sistem?

Integrasi aplikasi SAP adalah sebuah konsep untuk menghubungkan berbagai aplikasi atau sistem SAP dalam suatu organisasi, memungkinkan untuk dapat berkomunikasi satu sama lain dan berbagi data dengan cara yg konsisten dan efisien sehingga menghasilkan proses bisnis yang lebih baik dan mengurangi kesalahan. 

Tujuannya untuk memiliki lingkup bisnis yang terhubung dimana informasi dan proses terkoordinasi dengan baik dan dapat dipergunakan bagi pengambil keputusan di setiap tingkat organisasi.

Permasalahan Yang Terjadi

Integrasi sistem merupakan suatu hal yang penting bagi suatu perusahaan di era ini karena tentu saja setiap perusahaan ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis. Oleh karena itu perusahaan perlu berinvestasi untuk membangun sistem yang baik.

Berikut permasalahan yang sering terjadi jika tidak ada integrasi sistem :

  1. Human error. 
  2. Kolaborasi antar divisi kurang baik dan tidak efisien.
  3. Terdapat banyak data duplikat yang mengakibatkan validitas data sulit terjaga (inconsistent)
  4. Peningkatan biaya dan sumber daya akibat banyaknya kesalahan berulang.

Apa Saja Manfaat Integrasi Aplikasi?

  1. Berbagi informasi

Membentuk satu titik akses terpusat di seluruh sistem untuk menghemat waktu dalam mencari informasi. Pengguna dari berbagai departemen dapat mengakses data terbaru secara real time sehingga dapat membantu meningkatkan kolaborasi antar individu dari berbagai departemen.

  1. Kecepatan dan efisiensi

Proses bisnis menjadi lebih sederhana meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Komunikasi menjadi lebih mudah dan pekerjaan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih sedikit dengan fungsionalitas dan kontrol yang lebih baik. Dengan begitu, perusahaan dapat merespon perubahan pasar lebih cepat serta dapat meminimalkan dampak gangguan tidak terduga terhadap bisnisnya.

  1. Peningkatan akurasi data

Menyalin dan mengulang data yang sama di beberapa sistem berbeda yang tidak terhubung dapat menyebabkan berkurangnya keakuratan data. Data biasanya digunakan untuk mengambil keputusan strategis, oleh karena itu harus akurat dan konsisten. Mengintegrasikan sistem dapat meminimalkan resiko kesalahan manusia.

  1. Penghematan biaya

Strategi integrasi sistem yang dibuat khusus akan mengurangi biaya overhead dan pengeluaran lainnya dengan menggabungkan sistem ke dalam satu platform. Selain itu juga menghemat biaya terkait dengan produktivitas yang lebih besar dan pengambilan keputusan yang lebih baik berkat akses terhadap data yang lebih akurat.

Jika performa bisnis di perusahaan Anda kurang maksimal dan komunikasi antar divisi kurang baik maka meng-Integrasikan sistem SAP Anda bisa menjadi solusi terbaik agar proses bisnis menjadi lebih terstruktur. Lamsolusi dapat mengintegrasikan SAP dengan sistem dan aplikasi SAP yang berbeda untuk membantu berkomunikasi dalam berbagi data. Dengan melakukan integrasi semua bagian yang ada di dalam perusahaan, bisnis dapat bekerja sama secara efektif dan bisa mencapai hasil yang telah ditargetkan. Lamsolusi akan mewujudkan keinginan perusahaan Anda, oleh karena itu hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *