Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Sistem?

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu solusi agar pengelolaan kinerja karyawan dapat terukur dengan baik dan dapat meningkatkan keuntungan. Pengembangan sistem adalah penyusunan suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem lama secara keseluruhan atau perbaikan pada sistem yang sudah ada.

Sistem yang lama perlu diperbaiki/diganti disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Adanya masalah-masalah yang timbul, seperti:
  • Ketidakberesan yang menyebabkan sistem tidak dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan karena kesalahan yang tidak disengaja, tidak menaati kebijakan manajemen yang telah ditetapkan, dan kecurangan yang disengaja.
  • Pertumbuhan bisnis karena kebutuhan informasi yang semakin luas dan volume pengolahan data semakin meningkat.
  1. Meraih peluang

Saat ini persaingan pasar sangat ketat, oleh karena itu perusahaan perlu menaikkan value agar dapat bersaing, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi. Teknologi yang ada perlu selalu ditingkatkan/dikembangkan mengikuti perkembangan zaman dan pertumbuhan bisnis karena memakai teknologi lama hanya akan memperhambat proses karena sudah tidak mumpuni. Aktivitas operasional perlu dilakukan dengan cepat agar dapat mengefisiensikan waktu sehingga dapat menjalankan strategi dan rencana yang telah disusun. Teknologi informasi perlu digunakan untuk meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan oleh manajemen.

  1. Adanya peraturan baru dan kegagalan usaha

Perbaikan/penggantian sistem baru bisa disebabkan karena adanya instruksi dari pimpinan atau dari luar perusahaan seperti peraturan pemerintah. Selain itu juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya keluhan dari pelanggan, kehilangan kompetisi pasar, kesalahan-kesalahan yang sering terjadi, laporan yang tidak tepat waktu, produktivitas tenaga kerja yang rendah, dan lainnya.

Kenapa perlu dilakukan pengembangan sistem?

Semakin ketat tingkat persaingan bisnis, maka semakin kompleks dan maju juga sebuah teknologi. Dalam menjalankan bisnis, sistem informasi dibutuhkan untuk memastikan bahwa bisnis beroperasi dengan baik. Tetapi masih banyak perusahaan yang belum mengoptimalkan sistemnya. Padahal banyak yang akan didapatkan jika perusahaan memperhatikan sistem yang dimiliki. Berikut adalah alasan mengapa perlu dilakukan pengembangan pada sistem informasi :

  1. Produktivitas

Pengembangan sistem akan meningkatkan produktivitas kerja. Peningkatan produktivitas dapat mengefisiensikan waktu dan kinerja karyawan. Dengan adanya sistem yang baik, perusahaan dapat melihat anggota tim atau karyawannya bergerak ke arah yang sama sehingga menghasilkan hasil bisnis yang lebih dapat diprediksi.

  1. Meningkatkan kepuasan klien

Ketika bisnis berjalan lancar dan tugas terselesaikan tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan kepada klien, maka klien tersebut akan mendapatkan kepuasan yang lebih besar, dengan begitu projek akan terlaksana dengan baik.

  1. Akuntabilitas tim yang lebih baik

Sistem yang baik tidak hanya mengurangi kesalahan, tetapi juga berguna dalam mengidentifikasi kapan dan dimana kesalahan terjadi serta kemungkinan siapa yang melakukannya. Sistem membuat seluruh karyawan lebih bertanggung jawab karena jika terjadi kesalahan maka akan diketahui seluruh pihak.

  1. Meningkatkan konsistensi

Dengan adanya sistem yang bagus maka perusahaan dapat meningkatkan konsistensi. Konsistensi bukanlah tentang menjadi yang terbaik, namun tentang menawarkan layanan yang baik dan dapat diandalkan serta dipertahankan setiap saat. 

  1. Pengurangan biaya

Sistem yang baik dapat mengurangi biaya perusahaan dan membuat karyawan dapat bekerja lebih efisien. Contohnya di perusahaan yang memberikan layanan dukungan kepada pelanggan, menawarkan fasilitas layanan mandiri kepada pelanggan melaui situs web dapat membantu mengurangi jumlah agen yang diperlukan.

  1. Kolaborasi

Saat ini perusahaan banyak yang menggunakan komunikasi secara online seperti melalui layanan video atau fasilitas situs web. Dengan begitu proses komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat serta dapat membantu tim mengurangi waktu untuk menyelesaikan projek, sehingga bisa menghasilkan aliran pendapatan baru dengan cepat serta mempercepat pertumbuhan.

Pengembangan sistem dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda. Sebelum melakukan pengembangan perlu dilakukan analisis sistem untuk mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan apa yang dibutuhkan pemakai sistem. Untuk dapat mengejar kemajuan teknologi dan persaingan bisnis, hal ini sangat perlu dilakukan. Oleh karena itu, jika perusahaan Anda berniat untuk melakukan pengembangan pada sistem yang ada, carilah IT Software provider solution yang berpengalaman. Lamsolusi dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah dan membentuk sistem yang Anda miliki menjadi lebih baik lagi sesuai kebutuhan dengan mengandalkan para developer yang telah berpengalaman. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *