Pentingnya Memelihara Asset Perusahaan dan Optimalkan Prosesnya Menggunakan Mobile Maintenance System

Apa itu maintenance?

Maintenance adalah kegiatan untuk memonitor dan memelihara fasilitas dengan merancang, mengatur, menangani, dan memeriksa pekerjaan. Maintenance management dilakukan untuk meningkatkan performa asset dan meminimalisir kerugian yang terjadi akibat kerusakan asset. Semakin sering penggunaan asset, maka semakin besar kemungkinan terjadi kerusakannya. Dengan itu setiap perusahaan perlu melakukan manajemen pemeliharaan secara berkala.

Tujuan utama dari Maintenance

Melakukan kegiatan maintenance bagi sebuah perusahaan menjadi penting karena kegiatan maintenance ini dapat berpengaruh pada bisnis. Beberapa tujuan melakukan maintenance secara umum adalah :

  1. Untuk memperpanjang usia optimal asset.
  2. Untuk meningkatkan performa dan efektivitas asset.
  3. Untuk menjamin kesiapan operasional.
  4. Untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakan sarana.
  5. Untuk meningkatkan profitabilitas dan mencapai tingkat biaya pemeliharaan serendah mungkin.

Bagi perusahaan yang memiliki banyak asset, proses maintenance merupakan hal yang rutin dilakukan. Jika asset tidak dikelola dengan baik, maka resiko-resiko serius dapat muncul seperti kerusakan yang tidak terduga. Hal tersebut akan mengganggu proses produksi yang mengakibatkan penurunan produktivitas. Jika sudah seperti itu, perusahaan perlu mengeluarkan modal yang lebih dan bisa berdampak pada penurunan pendapatan.

Pentingnya Maintenance System

Setiap perusahaan perlu menerapkan sistem maintenance untuk menjaga efektivitas kinerja yang dapat berpengaruh pada bisnis secara keseluruhan. Untuk menjalankan aktivitas maintenance, perusahaan Anda membutuhkan alat yang dapat membantu dalam monitoring serta menganalisa tiap lini produksi dengan akurat, sehingga dapat mengefesiensikan kegiatan produksi.

Kini maintenance management sudah berkembang, bisa dilakukan secara komputerisasi. Adanya maintenance management system yang terkomputerisasi dapat membantu dalam merencanakan, memantau, menilai, dan mengoptimalkan seluruh aktivitas pemeliharaan dalam satu sistem terpusat. 

Sumber daya yang tidak terpelihara dengan baik dapat menghambat proses produksi. Perusahaan perlu sistem yang tepat untuk melakukan manajemen pemeliharaan secara efisien dengan pemantauan secara realtime, sehingga dapat dengan mudah melihat kondisi dan status terkini asset dan bisa menjadwalkan pemeliharaan secara tepat waktu.

Memilih maintenance management system yang tepat

Maintenance management system yang tersedia saat ini sangat beragam. Setiap perusahaan memiliki kriteria dan kebutuhan yang berbeda-beda. Lamsolusi memiliki Asset Management System yang dapat diakses secara mobile dan integrasi dengan sistem SAP. Adanya sistem maintenance secara mobile tentu saja akan mempermudah penggunaan aplikasi oleh para pegawai. Proses penjadwalan, assignment, hingga penyelesaian maintenance bisa dimonitor dan dikontrol dalam satu aplikasi secara real time. Asset Management System yang dimiliki Lamsolusi dapat membantu proses maintenance perusahaan Anda agar berjalan lebih mudah dan terstruktur karena kami menerima kustomisasi sesuai dengan proses manajemen di perusahan Anda. Dengan begitu, maintenance management dapat berjalan dengan lancar sehingga meningkatkan efisiensi pegawai dan bisnis perusahaan.


Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *