Jangan biarkan keluhan yang ada di perusahaan anda menjadi terabaikan, koordinasikan dengan efektive menggunakan sistem e-ticketing.

Apa itu e-ticketing?

E-ticketing yang juga dikenal sebagai helpdesk ticketing system adalah aplikasi software yang digunakan untuk mengelola permintaan dukungan teknis dari para pengguna yang sudah terpusat. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan semua pengguna dalam ruang lingkup perusahaan saat melaporkan setiap permasalahan yang dihadapi. Nantinya setiap permasalahan yang telah selesai ditindaklanjuti akan secara otomatis terdokumentasi dan tersaji dalam bentuk laporan guna memenuhi kebutuhan informasi perusahaan yang dapat diakses dengan cepat dan mudah, dengan begitu dapat menghasilkan solusi yang tepat.

Pemecahan masalah perusahaan menjadi berbelit-belit?

Suatu divisi dalam perusahaan yang menangani pengaduan harus bisa menyusun segala permasalahan yang terjadi dengan rapi agar solusi yang diberikan juga sampai dengan baik kepada pengadu. Namun masih banyak perusahaan yang belum memakai sistem sehingga harus menstruktur seluruh pengaduan secara manual. Yang terjadi, data-data bisa saja ter acak atau bahkan terlewatkan sehingga permasalahan menjadi lebih lama untuk ditangani. Karena pengelolaan yang tidak baik membuat proses menjadi berbelit-belit dan memakan waktu yang banyak. Hal tersebut akan menimbulkan ketidak nyamanan para karyawn secara berkelanjutan.

Ada beberapa alasan kenapa suatu perusahaan memerlukan sistem e-ticketing

1. Improvisasi kerja tim

Dengan memakai sistem, suatu tim dapat melihat kemajuan tim lainnya dan membantu mengatur alur kerja dengan lebih baik. Contohnya, tim yang menjadi requester akan mengajukan pengaduan, setelah itu tim lainnya akan me-review keluhan dan dilanjutkan ke pihak terkait yang akan mendiskusikan solusi yang tepat, serta approval untuk solusi dari permasalahan tersebut, seteleh itu solusi akan diterima oleh requester.

2. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien

Adanya sistem, proses menjadi lebih cepat dan tidak memerlukan pencatatan kertas yang dapat membuat resiko lebih besar seperti hilang ataupun rusak. Sistem e-ticketing ini akan membantu mengelola permintaan dan masalah yang masuk dengan cara terorganisir dan efisien. Semua tiket yang masuk akan terstruktur dan dikelompokkan sesuai dengan urutan dan jenis keluhannya. Nantinya tiket tersebut juga akan didistribusikan secara merata kepada semua tim terkait, dengan begitu tidak ada penumpukkan tiket yang akan mengakibatkan lamanya respon yang diterima pengguna/requester.

3. Adanya laporan yang jelas

Setelah pengaduan yang masuk sudah mendapatkan solusi maka riwayat tersebut akan tersimpan di sistem. Sehingga apabila perusahaan memerlukan data tersebut bisa langsung diakses dengan cepat dan data yang lengkap.

Pentingnya sistem e-ticketing pada sebuah perusahaan

Pengelolaan permasalahan di suatu perusahaan jauh lebih mudah jika menggunakan sistem. Sistem yang digunakan juga harus mudah digunakan dan optimal. Lamsolusi memiliki sistem e-ticketing yang akan sangat membantu berjalannya pekerjaan agar menghemat waktu dan meningkatkan kepuasan karyawan. Sistem ini memuat berbagai macam fitur.

1. Adanya unlimited untuk tiket dan user. Tiket yang disediakan tidak terbatas sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan berbagai macam keluhan, serta dapat diakses oleh banyak user dari berbagai tim/divisi.

2. Update respon akan otomatis diinformasikan melalui email & whatsapp, sehingga tim yang bertugas tidak akan tertinggal informasi dan bisa langsung memproses ke tahap selanjutnya dengan cepat.

3. Customize report dan dashboard memuat informasi yang dibutuhkan serta dapat dengan mudah di export ke excel.

Sistem e-ticketing yang dirancang dengan baik dapat menyederhanakan komunikasi, mengotomatiskan proses, dan meningkatkan waktu respon. Semua faktor ini bersama-sama dapat menghasilkan peningkatan efisiensi operasional dan kepuasan seluruh pengguna.

Selain mengelola incident yang terjadi di perusahaan anda, sistem e-ticketing juga menyediakan fitur lainnya diantara nya adalah

  • Change Management
  • Application Portal
  • Application Metadata Repository

Siap untuk menerapkan sistem e-ticketing yang mudah agar tidak berbelit-belit? Customize di Lamsolusi, kami akan menyediakan yang anda butuhkan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *